POPDA (Pekan
Olahraga Pelajar Daerah) adalah salah satu kegiatan ukur prestasi bagi para
atlet yang berstatus pelajar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2013
ini, cabang olahraga bridge juga dipertandingkan di tingkat SD (minibridge) di
SDN 7 Kebumen yang beralamat Jl. Sawo dan jaraknya kurang dari 100 meter dari
Kantor UPT Disdikpora Kecamatan serta hanya sekitar 200 meter dari Sekretariat
Pengkab GABSI Kebumen. Karena itu, setelah mendapat kabar dari guru olahraga SD
Kebumen 7, Ibu Ani, saya yang diminta membekali secara instan (waktu efektif latihan
hanya 1 hari dan menangani 12 siswa sekaligus) menyempatkan diri menengok
kegiatan tersebut dan memberi dorongan agar apapun hasilnya nanti, para atlet
minibridge SDN 7 Kebumen yang rata-rata masih duduk di Kelas III dan IV tidak
berkecil hati. Yang penting tetap maju dan tidak boleh menyerah sebelum
pertandingan berakhir. Alhamdulillah, dalam segala keterbatasan saya, atlet
maupun para guru pembimbing, mereka mampu menyelesaikan pertandingan yang
hasilnya dapat kita lihat bersama di tabel Hasil Pertandingan Babak Penyisihan
maupun Final.
POPDA MINIBRIDGE SD KEC. KEBUMEN 2013
DAFTAR PESERTA
No.
|
No.
Undi
|
Nama
|
Sekolah
|
Tempat & Tgl
Lahir
|
Kelas
|
1
|
10
|
Vegar Surya
Pratama
|
SDN Kutosari 7
|
-
|
|
2
|
10
|
Nabila Putri
Azizah
|
SDN Kutosari 7
|
-
|
|
3
|
11
|
Juna Fatimatus
Azis
|
SDN Kutosari 7
|
-
|
|
4
|
11
|
Irham Prayoga
|
SDN Kutosari 7
|
-
|
|
5
|
12
|
Lukman S.
|
SDN Selang I
|
-
|
|
6
|
12
|
Epa Pitasari
|
SDN Selang I
|
-
|
|
7
|
9
|
Juniar Nur
Sanjaya
|
SDN Selang I
|
4
|
|
8
|
9
|
Nila Sinta Rani
|
SDN Selang I
|
4
|
|
9
|
15
|
Angga
|
SDN Wonosari I
|
5
|
|
10
|
15
|
Dewi Sekar Ayu
Utami
|
SDN Wonosari I
|
5
|
|
11
|
3
|
Anggit
|
SDN Wonosari I
|
5
|
|
12
|
3
|
Diaz Yudho
Miranti
|
SDN Wonosari I
|
5
|
|
13
|
5
|
Riyan Maesa Putra
|
SDN Karangsari I
|
4
|
|
14
|
5
|
Agita Kurniasari
|
SDN Karangsari I
|
4
|
|
15
|
4
|
Bagas Dwi
Kurniawan
|
SDN Karangsari I
|
4
|
|
16
|
4
|
Ayu Steven Tania
|
SDN Karangsari I
|
4
|
|
17
|
6
|
Niza Asyifa
|
SDN Kutosari IV
|
-
|
|
18
|
6
|
Miftachusurudin
|
SDN Kutosari IV
|
-
|
|
19
|
7
|
Discha Vanesia
|
SDN Kutosari IV
|
2
|
|
20
|
7
|
Asro Wahyu Ridho
|
SDN Kutosari IV
|
2
|
|
21
|
14
|
Arum Rahmatia
|
SDN Kebumen VII
|
3
|
|
22
|
14
|
Sandi Prabowo
|
SDN Kebumen VII
|
4
|
|
23
|
08
|
Dea Malika Zaen
|
SDN Kebumen VII
|
4
|
|
24
|
08
|
Pandu Razali
Ilyasa
|
SDN Kebumen VII
|
4
|
|
25
|
13
|
Qurim Tanti Wahyu
|
SDN Kebumen VII
|
4
|
|
26
|
13
|
Damar Pamungkas
|
SDN Kebumen VII
|
4
|
|
27
|
01
|
Tania Fifi Cahya
|
SDN Kebumen VII
|
3
|
|
28
|
01
|
Bagus Riski
Ananto
|
SDN Kebumen VII
|
3
|
|
29
|
02
|
Fanesa Dwi Aprila
|
SDN Kebumen VII
|
3
|
|
30
|
02
|
Nurhamid
|
SDN Kebumen VII
|
3
|
Bagi saya yang
tengah mencoba pengembangan program Bridge Masuk Sekolah dari unsur non
kependidikan, kesempatan ini adalah tantangan dan sekaligus peluang untuk
mewujudkan bridge sebagai jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa. Ada
dua tantangan utama yang akan dihadapi yakni membekali siswa yang selama ini asing dengan olahraga bridge menjadi tahu dan kelak akan mampu membawa nama diri, sekolah, orangtua, daerah
dan tentu orang-orang yang selama ini berkecimpung dalam olahraga otak ini.
Secara kebetulan, siswa/i yang dikirim sekolahnya untuk belajar bridge ada di
kelas III dan IV, dengan rentang usia 9 – 10 tahun. Kebetulan berikutnya adalah
semangat ibu guru olahraga yang ingin memanfaatkan kesempatan selaku tuan rumah
penyelenggaraan POPDA Minibridge di tingkat kecamatan untuk memajukan nama
sekolah melalui kegiatan olahraga prestasi yang terukur dan obyektif (fair play). Masih ada keberuntungan lain
yakni dukungan guru kelas dan ulama muda yang berpikiran maju, Gus Fauzan selaku guru kelas III. Dari beliau, saya
mendapat satu pandangan yang sangat cemerlang. Bahwa bridge, seperti catur,
adalah (olahraga) permainan yang
bermanfaat. Jadi sangat sesuai untuk diterapkan bagi anak-anak usia sekolah
sebagai bekal tambahan meningkatkan kecerdasan
intelektual (IQ), kecerdasan
emosional (EQ) dan kecerdasan sosial (SQ).
Tantangan lain
adalah masalah teknikal permainan bridge. Dalam pengamatan saya selama dua hari
mendampingi Panitia Pelaksana, rata-rata pemain minibridge yang berlaga di
arena POPDA Kecamatan Kebumen berbekal teknis sangat minimal (kecuali bagi
beberapa pasangan yang pernah mengikuti kegiatan sama di tahun lalu). Teknik
dasar yang menjadi bekal para atlet minibridge ini masih sangat dasar dan awam.
Yaitu cara menghitung nilai kartu (High
Card Point/ HCP) dan
menjumlahkannya untuk menentukan kontrak sebagai kategori permainan tingkat game atau
no game. Sementara itu, kebanyakan
dari mereka masih kesulitan mengambil keputusan bermain game dengan atau tanpa
warna
pemukul ( suit
preference/ trump suit ). Kesulitan lain adalah menentukan kontrak
warna pemukul yang major (Spade atau Heart
) atau minor (Diamond
atau Club). Jika diurai lebih rinci, banyak hal yang
harus diberikan sebelum para atlet minibridge diterjunkan ke arena pertandingan
resmi. Perlu diingatkan bahwa bridge bukan sekadar bermain dengan kartu. Ada
banyak aturan, etika dan keserasian gerak pikir maupun rasa dari pasangan yang
memainkannya. Karena bridge merupakan perpaduan antara ilmu pengetahuan (ada
dasar teoritis) dan naluri kemanusiaan.
Hasil Babak Final 12 Papan
No.
|
Nama
Pasangan
|
Asal
Sekolah
|
Total
Nilai
|
Peringkat
|
1
|
Dwi dan Angga
|
SDN Wonosari I
|
1.070
|
3
|
2
|
Nila dan Juniar
|
SDN Selang I
|
2.160
|
1
|
3
|
Discha dan Asro
|
SDN Kutosari IV
|
1.300
|
2
|
4
|
Anggit dan Dias
|
SDN Wonosari I
|
560
|
4
|
Bagaimanapun hasil
yang dicapai oleh para atlet, Pembina dan panitia penyelenggara POPDA
minibridge, selaku Pengurus di cabang olahraga ini, kami sampaikan ucapan
terima kasih dan penghargaan tinggi atas penyelenggaraan kegiatan POPDA
minibridge. Segala kekurangan di atas adalah masukan penting dalam menyusun
kembali pola pelaksanaan Program Bridge Masuk sekolah yang kini telah
diwujudkan media interaktifnya melalui Liga Bridge dan Minibridge Pelajar se
Jawa Tengah. Komunitas Minibridge “Kartini” dari Kecamatan Klirong telah dan
masih melaksanakannya. Disebut Komunitas karena tidak ada batas wilayah yang tetap.
Boleh satu atau beberapa kecamatan. Atau dalam skala yang lebih sempit, gugus
sekolah-pun dapat menjadi satu komunitas yang diakui keberadaannya. Mengenai
rincian teknis pelaksanaan liga ini, silakan buka tulisan yang berjudul “ Liga
Bridge dan Minibridge Pelajar Se Jawa Tengah” di situs ini.
Pose para juara
Juara I: Juniar dan Nilai siswa/i Kelas IV
SDN Selang I
Juara II: Discha dan Asro siswa/i Kelas II
SDN Kutosari IV
Juara III: Dwi dan Angga siswa/i Kelas V
SDN Wonosari 1
Selamat kepada para Juara !
Maju terus dan terus maju !
Bagian II : Cerita
di Balik Peristiwa.
keren banget , semoga semakin maju saja
BalasHapusterimakasih infonya ...
sangat bermanfaat sekali
TemplatesUs